Ada Nasi Putih hingga Hitam, Mana yang Paling Sehat?

Rabu, 31 Januari 2024 - 13:43 WIB
loading...
Ada Nasi Putih hingga...
Ada beberapa jenis nasi yang dapat kita nikmati. Ada yang putih, merah, cokelat, hingga hitam. Ternyata, perbedaan warna pada nasi ini memiliki perbedaan kandungan nutrisi di dalamnya. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Nasi adalah makanan pokok masyarakat Indonesia. Ada beberapa jenis nasi yang dapat kita nikmati. Ada yang putih, merah, cokelat, hingga hitam. Ternyata, perbedaan warna pada nasi ini memiliki perbedaan kandungan nutrisi di dalamnya.

Sebenarnya, pada dasarnya nasi-nasi tersebut berasal dari beras padi. Namun, ada proses yang berbeda. Hal inilah yang membuat kandungan nutrisi dalam nasi berbeda-beda. Itu membuat nasi memiliki tingkatan, dari nasi yang paling sehat dan baik untuk tubuh hingga nasi yang hanya memberikan rasa kenyang saja.

Untuk mengetahui kandungan di dalam, cobalah simak rangkuman informasi dari Times of India berikut ini.


1. Nasi Putih

Nasi putih diproses sedemikian rupa hingga menghilangkan nutrisi penting seperti serat, antioksidan, dan vitamin di dalamnya. Dengan indeks glikemik yang tinggi, nasi putih bisa secara cepat meningkatkan kadar gula darah.

2. Nasi Merah

Beras merah disebut sebagai pahlawan gandum utuh karena memiliki lebih banyak serat, protein, serta berbagai vitamin dan mineral. Dengan indeks glikemik yang lebih rendah, beras merah dipercaya mampu membantu mengatur gula darah serta mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung.


3. Nasi Cokelat

Dengan rona cokelat kemerahan, beras cokelat memiliki kandungan anthocyanin, antioksidan kuat yang melawan peradangan dan menurunkan tekanan darah. Tidak hanya itu, beras cokelat juga kaya akan zat besi dan seng yang memberikan rasa kenyang lebih cepat sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini membuat beras cokelat padat nutrisi.

4. Nasi Hitam

Dikenal sebagai beras terlarang karena berwarna gelap, namun beras ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk tubuh. Beras merah memiliki komposisi kaya antosianinnya, melindungi dari stres oksidatif dan peradangan.

Nasi hitam juga memiliki kandungan vitamin E dan zat besi. Dengan dua kandungan tersebut, nasi hitam mendukung kesehatan jantung dan fungsi hati.

Nasi hitam juga memiliki indeks glikemik sedang yang membuat Anda kenyang lebih lama, memberikan lebih banyak protein dan serat daripada nasi putih.

Dari empat jenis beras tersebut, nasi hitam menjadi beras paling sehat. Kemudian diikuti oleh nasi merah, nasi cokelat, dan terakhir nasi putih.

Namun, pilihan "terbaik" bergantung pada preferensi individu, kebutuhan diet, dan tujuan kesehatan. Perhatikan ukuran porsi dan metode memasak, karena nasi padat kalori.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1652 seconds (0.1#10.140)